Monday, July 4, 2016

PENDAKIAN SPIRITUAL DI GUNUNG AGUNG

Mendaki gunung agung adalah sebuah tantangan besar, butuh waktu dan tenaga yang cukup hingga sampai di puncaknya.

Mendaki puncak tertinggi mencapai 3031 mdpl di Bali ini yang terpenting adalah membutuhkan persiapan diri juga terkait dengan sisi spiritual.

Perjalanan bisa dijadikan sebagai sebuah proses pendakian spiritual yang pada setiap sisi perjalanannya direnungi sebagai kesabaranan dan pemusatan pikiran.

Dalam hal mendaki juga harus memperhatikan secara niskala mengingat gunung agung adalah gunung yang disucikan sehingga tidak sembarangan dalam melakukan perjalanan ini.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam persiapan menuju perjalan ke puncak gunung Agung diantara : siap secara jasmani dan rohani, tidak dalam keadaan leteh/cuntaka, tidak berkata-kata berpikir dan berbuat yang kotor dalam perjalanan, tidak menggangu kehidupan yang ditemui dalam perjalanan, dan utamanya adalah sebelum mendaki harus mepiuning dan sembahyang baik yang melewati jalur Pura Besakih maupun jalur Pura Pasar Agung, Sebudi, Selat.

Setelah sampai di atas, melakukan persembahyangan menjadi bagian penting dalam perjalanan spiritual, memohon kepada Ida Bhatara Siwa agar senantiasa dunia (bhuana alit dan bhuana agung) selalu berlimpah keselamatan dan kesejahteraan.

*Like dan Share

‪#‎kitacintakarangasem‬
‪#‎cintakarangasem‬

No comments:

Post a Comment